Tak banyak yang mengetahui sejarah kerajaan tertua di dunia ini. Sistem kerajaan sudah ada sebelum masehi dan beberapa diantaranya bahkan belum mengenal kata kerajaan meski sudah terbentuk komponen berdirinya kerajaan. Peradaban yang berkembang adalah awal mula terbentuknya sebuah kerajaan. Sebuah kerajaan yang maju dan mengelola rakyatnya dengan baik akan lebih mengembangkan kerajaan tersebut. Namun, kini hanya beberapa yang menyisakan bukti adanya kerajaan tersebut seperti prasasti, candi dan peningggalan lainnya. Berikut ini kerajaan tertua yang memiliki bukti otentik.

1. Kerajaan Purba

Tidak banyak bukti yang menyatakn adanya Kerajaan Purba ini. Namun telah diyakini dari bukti yang terbatas bahwa kerajaan ini berada di Pulau Kalimantan dengan Raja Bunu sebagai raja pertamanya. Raja Bunu ialah pendatang dari India yang mulai membentuk pengelolaan rakyat pada 10.000-15.000 tahun yang lalu atau pada masa neolitikum. Raja kedua setelah Raja Bunu meninggal ialah Raja Sangiang, keturunan dari kakak Rjaa Bunu. Setelah pemerintahan berada di tangan Raja Sangiang nama kerajaan berubah menjadi Kerajaan Nan Marunai.

2. Kerajaan Mesir

Sejarah mencatat Kerajaan Mesir berdiri sejak 3.100 SM dan berakhir 30 SM sejak bangsa Romawi berhasil menaklukkannya. Peradaban Mesir sangat maju dengan adanya bukti-bukti yangmasih ada hingga kini. Pada masa ini, Mesir sudah memiliki abjad dalam meneruskan informasi. Hal yang belum terjadi pada daerah yang lain. Daerah kekuasaan Mesir sangat subur dengan adanya sungai Nil sebagai penopang kehidupan. Mata pencaharian penduduk pada masa itu ialah petani. Keberadaan kerajaan ini cukup lama sehingga sejarah membaginya dalambeberapa kurun waktu.

3. Kekaisaran Jepang

Kerajaan ini adalah beberapa kerajaan tertua di dunia yang masih bertahan hingga saat ini. Kekaisaran Jepang didirikan pada 660 Sebelum Masehi. Raja pertamanya ialah Kaisar Jimmu sedangkan yang sedang berkuasa sekarang ialah Kaisar Akihito. Sampai saat ini, Jepang telah memiliki 125 kaisar yang mulai ditemukan garis suksesinya mulai Kaisar Ojin pada abad ke 4M. Berdiri sejak sebelum masehi dan mempertahankan sistem perintahannya kini, Jepang menjadi kerajaan monarki tertua di dunia.

4. Kerajaan Atlantis

Kerajaan Atlantis mulai dikisahkan oleh filsuf Plato yang hidup pada masa 427-347 SM. Kemajuan di segala bidang pada masa Atlantis seperti dongeng dan diakhiri dengan kisah tenggelamnya yang masih menjadi tanda tanya. Lokasi kerajaan ini dari sebelah atas Amerika Utara hingga Pantai Meksiko dan Kolumbia hingga Italia. Hal tersebut membuktikan Atlantis sangat luas melebihi masa Kerajaan Romawi. Pada puncak kejayaannya, Atlantis berpenduduk sebanyak 1.034.800 juta jiwa dengan mata pencaharian pengrajin, pedangang, pelaut, petani dan miniter Kerajaan Atlantis sendiri. Sayangnya, Atlantis tiba-tiba mengalami bencana alam gunung meletus, mencairnya daerah kutub, gempa dan banjir yang mengakibatkan pulau besar ini tenggelam.

5. Kerajaan Salakanegara

Kerajaan ini juga dikenal dengan nama Rajataputra yang diperkirakan berdiri pada 130 SM. Naskah Wangsakerta mencatat masuknya kerajaan ini saat penduduknya masih beragama Hindu. Lokasi Salakanegara ialah Pandeglang, Banten, Jawa Barat dengan wilayah kekuasaan negara ini sampai ke Swarnabumi atau Sumatra. Raja pertama yang memimpin Salakanegara ialah Dewawarman atau Prabu Darmalo. Tidak banyak bukti sejarah kerajaan tertua ini.

Kelima kerajaan tertua di dunia tersebut sangat mengesankan dengan kisahnya masing-masing. Peninggalan-peninggalannya yang bertahanan hingga kini menunjukkan betapa peradaban pada masa itu sangat maju. Bisa jadi tidak kalah maju dengan negara zaman sekarang namun zaman yang berbeda memberikan perbedaan yang signifikan. Sejarah dipelajari untuk menghindari kesalahan yang pernah terjadi sehingga tidak terulang lagi dan mengambil pelajaran yang baik darinya.