Setiap negara selalu memiliki karakteristik yang berbeda, terutama pada keadaan luas ataupun sempitnya daerah yang dimiliki oleh negara tersebut. Dimana, pada Asia Tenggara sendiri, ada negara terbesar Di Asia Tenggara yaitu di luar dari negara terkecil di Asia Tenggara. Akan tetapi, keduanya berpengaruh kepada kondisi ekonomi yang ada di negara tersebut.

Pada cakupan wilayah negara terbesar yang ada di Asia Tenggara, tentu saja memiliki jumlah penduduk yang relatif banyak. Dan negara tersebut, mayoritas diantaranya masih tergolong kepada negara-negara berkembang. Dari sebelas negara di Asia Tenggara tersebut, juga termasuk bagian dari negara ASEAN. Inilah negara terbesar tersebutyang berada di kawasan Asia Tenggara.

1. Indonesia (1.922.570 KM Persegi )

Tentu saja, negara terbesar di Asia Tenggara yaitu yang pertama sekali di duduki oleh negara Indonesia. Dimana, negara agraris yang memiliki ibukota Jakarta ini, adalah negara dengan luas terbanyak serta jumlah penduduk yang banyak pula. Letak geografis yang subur mendukung negara ini menjadi kaya dan makmur. Sehingga sebagian besar penduduknya petani

2. Myanmar (676.578 KM Persegi)

Selanjutnya, negara kedua yang mendapat julukan sebagai negara terbesar Asia Tenggara yaitu Negara Myanmar. Dimana, negara dengan ibukota Rangon atau Yangon ini, adalah salah satu negara yang berbatasan langsung sebelah utaranya dengan Republik Rakyat Cina. Negara ini sama saja dengan negara Indonesia, bergerak dalam bidang pertanian, pangan, dan agraria

3. Thailand (513. 120 KM Persegi)

Negara gajah putih termasuk salah satu negara ketiga yang menjadi negara terbesar Asia Tenggara. Dimana, negara yang merupakan pemasok beras terbesar di kawasan Asia Tenggara ini beribukota Bangkok. Untuk dalam kehidupan sehari-hari, negara ini adalah negara pertanian yang hidup dalam eksportir beras kenegara-negara luar. Negara Thailand disebut seribu pagoda.

4. Vietnam (332.698 KM Persegi)

Lalu negara keempat yang menduduki sebagai salah satu negara yang sangat terbesar Asia Tenggara adalah Vietnam. Dimana, ibukota dari negara tersebut ialah Hanoi. Negara ini juga bergerak dalam bidang pertanian dan sumber daya alamnya. Sehingga, menjadi salah satu negara lumbung padi di Asia Tenggara. Negara ini mayoritas penduduknya adalah Cina.

5. Malaysia (329.847 KM Persegi)

Baiklah, negara berikutnya yang juga merupakan negara yang memiliki wilayah luas dan terbesar Asia Tenggara adalah negara tetangga dari Indonesia, yaitu Malaysia. Dengan ibu kota dari negara ini adalah Kuala Lumpur. Mayoritas penduduk dari negara tersebut adalah Melayu, dan negara ini sudah mengalami kemajuan pada bidang Sumber Daya Manusianya.

6. Philipina (300.000 KM Persegi)

Negara dengan kapasitas wilayah terbesar selanjutnya adalah Philipina, dimana negara ini mempunyai ibu kota bernama Manila. Dimana negara yang juga hidup dari sumber daya alam padinya ini, merupakan salah satu negara yang diperhitungkan sebagai negara lumbung padi di Asia Tenggara maupun di Negara luar. Negara ini berbatasan dengan Taiwan dan Kalimantan

7. Laos (236.800 KM Persegi)

Negara ketujuh yang memiliki cakupan luas wilayah yang tergolong terbesar Asia Tenggara adalah Laos, dengan nama ibu kota dari negara ini yaitu Vientine. Negara ini adalah negara yang sedikit memiliki wilayah perairan atau laut. Sehingga, untuk ikan banyak diimportir dari negara tetangga, seperti Kamboja, Thailand, dan Republik Rakyat Cina.

Itulah tadi sekilas informasi tentang negara terbesar Asia Tenggara yaitu negara yang memang telah dikenal cukup lama kepopulerannya. Dimana, selain ketujuh negara tersebut, masih ada lima negara Asia Tenggara lainnya, yaitu Kamboja yang memiliki luas 181.035 KM persegi, Timor Leste dengan luas 15.410 KM persegi, Brunei Darussalam dengan luas 5.765 KM persegi, dan terakhir Singapura dengan luasnya 716 KM persegi.